Kamis, 31 Maret 2011

5 Faktor utama yang mengakibatkan daya PSU hilang tanpa kita sadari



Pernahkan kita pikirkan bahwa ternyata kehilangan daya pasti akan selalu terjadi di computer kita, tidak peduli apapun formatnya, entah server, laptop, HTPC ataupun pc rakitan(ini apalagi  ), power lost itu akan selalu ada. Hal ini terjadi dikarenakan beberapa sebab, tetapi utamanya adalah dikarenakan oleh ; faktor design, tipikal komponen, proses kerja serta faktor manusianya. Ordenya mulai dari Mikro Ampere hingga Ampere…..wow ! sebelum terlambat dan mempengaruhi system anda, ada baiknya kita simak ulasan berikut ini ;


Click this bar to view the full image.
1. Rapikan kabel-kabel yang bersliweran tidak karuan.
Bukan hanya tidak sedap bila dipandang akan tetapi, kabel yang saling menumpuk akan mengakibatkan cross interefence yang bisa menimbulkan panas. Seperti kita ketahui bersama, bahwa Elektron listrik itu mengalir bukan didalam penghantar tetapi di luar penghantar(Positron yang mengalir di dalam penghantar) sehingga bila banyak kabel saling silang tak tentu arah bisa membuat kumpulan pusaran electron yang cukup untuk mengganggu komponen computer. 
Tidak hanya itu, akibat lainnya adalah timbulnya panas sehingga kebocoran arus listrik bisa saja terjadi tanpa kita sadari.

Hal lainnya yang perlu kita lakukan adalah memisahkan grouping kabel berdasarkan jenisnya. Misalnya ; kabel SATA di gabungkan hanya dengan kumpulan kabel SATA, Kabel power HDD dengan kabel HDD lainnya dan bila memungkinkan pisahkan kabel output PSU berdasarkan jenis railnya.

Click this bar to view the full image.
2. Hindarkan membengkokan kabel lebih dari semestinya.
Bending yang berlebihan akan mengakibatkan penghantar mengalami stress yang bisa merubah ukuran dari penghantar tersebut sehingga kapasitas maksimal menjadi berkurang. Indikasinya adalah timbulnya panas di bagian yang di bending. Panas identik dengan power lost sehingga agar terhindar dari hal ini kurangi/hilangkan kebiasaan menekuk-nekuk kabel secara berlebihan (apalagi hingga 180 derajat..).

Click this bar to view the full image.
3. Biasakan membersihkan computer dari debu yang menempel.
Debu akan menyebabkan system pendinginan menjadi tidak sempurna sehingga panas yang ditimbulkan oleh proses kerja komponen juga semakin tinggi. Karena panas = power lost maka semakin panas computer kita akan semakin besar juga daya yang hilang tanpa kita sadari.
Penempatan computer yang benar juga termasuk dalam poin ini, pastikan agar computer selalu mendapatkan ventilasi udara yang baik. 


4. Hindarkan penggunaan asesoris yang tidak perlu.
Asesoris untuk modif memang keren. Tapi apakah ia memang 100% berguna untuk computer anda ? Bila pada kenyataannya justru berpotensi untuk menambah efek panas maka sebaiknya tanggalkan saja karena itu berarti anda menambah faktor power lost di computer anda sendiri.

5. Atur posisi komponen yang berpotensi menghasilkan panas sebaik mungkin.
Kecuali untuk RAM dan VGA add on yang didesign berjarak rapat jadi kita gak bisa ngapa-ngapain lagi, maka HDD(bila lebih dari 1) semestinya dapat kita atur jaraknya agar proses sirkulasi udara menjadi lebih baik. Dengan ini diharapkan efek panas bisa lebih diminimalisir.

Utamanya power lost itu berbanding lurus dengan heat, sehingga semakin panas sebuah computer maka potensi power lostnya juga akan semakin besar demikian juga sebaliknya. Ada elemen-elemen pembangkit panas yang dapat kita tekan, ada pula yang tidak jadi bagaimana pintar-pintarnya kita saja dalam menyiasatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut Anda?